Cyber Crime & Cyber Law

  • Kejahatan yang terjadi di internet terdiri dari berbagai macam jenis dan cara yang bisa terjadi. Menurut anda motif apakah yang dapat mempengaruhi kejahatan TI ?

    Motif merupakan dorongan dalam diri manusia yang timbul dikarenakan adanya
    kebutuhan-kebutuhan yang ingin dipenuhi oleh manusia tersebut. Motif

    berasal dari bahasa latin movere yang berarti bergerak atau to move.

    Teknologi Informasi, atau dalam bahasa Inggris dikenal dengan istilah Information technology adalah istilah umum untuk teknologi apa pun yang membantu manusia dalam membuat, mengubah, menyimpan, mengomunikasikan dan/atau menyebarkan informasi.
    Menurut saya motif yang dapat mempengaruhi kejahatan TI yaitu :
    1. Kelalaian kita saat menggunakan komputer saat sedang browsing dan mengklik sebuah link/tautan sembarangan
    2. Membuat akun fake untuk menyebarkan berita bohong/hoax
    3. Menipu orang saat jual/beli secara online
  • Sebutkan contoh-contoh kasus kejahatan TI yang sedang trend (viral)
    saat ini. Dan menurut anda apa motif kejahatan tersebut


    1. Online Shop
      Berbagai jenis penipuan toko daring, menjual barang apa saja yang sedang trend. Mereka membuat page menarik dan menampilkan barang-barang idaman yang sangat menawan. Harganya murah meriah. Tentu saja kalian akan tergiur  dan ingin membelinya. Nyatanya terkadang barang yang ingin kita beli malah berbeda dari tampilan produk yang terpampang di foto. Kasus ini sering terjadi sampai saat ini.
    2. Cryptocurrency
      Dizaman pandemi saat ini crypto semakin dikenali oleh seluruh masyarakat di belahan bumi ini, Tentunya hal ini dapat menimbulkan sebuah peluang kejahatan yang baru dengan iming-iming keuntungan yang melimpah. Banyak sekali kejadian penipuan dan pencurian didunia crypto dan akhir-akhir ini pun semakin marak penipuan, jadi si pengembang membuat project palsu lalu dipublikasikan ke berbagai situs dan platform media sosial untuk menarik calon investor agar ikut bergabung, lalu saat harga tokennya sudah melambung jauh tinggi si pengembang langsung melepas seluruh asset yang dia pegang dan itu berimbas keharga token tersebut menjadi hancur.  Contoh kasus penipuan yang terparah saat ini Project Token SquidGame.
  • Berdasarkan contoh kasus (sesuai jawaban no.2), menurut anda apakah
    upaya
    -upaya yang dapat kita lakukan untuk menanggulangi kejahatan
    TI

    1. Online Shop
      • Jangan terlalu tergiur oleh harga yang murah
      • Alangkah baiknya berbelanja ditoko yang memiliki reputasi yang bagus
      • Sebelum membeli barang lebih baik kita mengecek ulasan produk tersebut agar terhindar dari penipuan

    2. Cryptocurrency
      • Sebelum membeli token/koin yang ingin dibeli lebih baik kita me risset terlebih dahulu asal usul koin/token tersebut
      • Jangan terlalu termakan oleh iming-iming keuntungan yang berlimpah
      •  Mencari tahu asal usul founder/pengembang token tersebut
  • Berdasarkan jawaban no.2, sebutkan pasal yang mengaturnya dalam
    UUITE

    Dari kedua kasus diatas diatur dalam UU ITE Undang-Undang RI Nomor 19 tahun
    2016 tentang perubahan atas Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 11 tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik dan Undang-Undang RI Nomor 8
    tahun 1999 tentang perlindungan konsumen.

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama